Minggu, 04 Februari 2018

Cara Mudah Mencetak Lovebird Lutino Mata Merah

lovebirdok.blogspot.co.id



Cara Mudah Mencetak Lovebird Lutino Mata Merah - Lovebirdok.blogspot.co.id Lutino merupakan burung yang pernah menjadi primadona dan diburu banyak peternak dan penghoby di Indonesia. Burung ini memiliki keeksotikan warna bulu kuning, merah dan Putih serta mata berwarna merah (Pink). Harga lovebird lutino mata merah ini juga sempat melambung tinggi pada masa jayanya.

Lovebird lutino ini memiliki dua jenis varian mutasi warna yaitu lutino pada paruh merah (green series) sedangkan albino pada paruh putih (blue series).

Ada tiga jenis warna mata pada lutino yang pertama mata merah, kedua retina merah atau manik merah, dan yang ketiga adalah lutino mata hitam. Hal tersebut juga berlaku sama dengan albino yang memiliki 3 jenis warna mata mutasi yaitu albino mm, albino retina merah, dan albino mata hitam ( mh ).

Secara sekilas lb lutino ini hampir sama dengan paskun atau pastel kuning. Untuk membedakan antara lutino dengan paskun adalah dari warna matanya. Lutino mm memiliki ciri ciri mata merah, warna sayap kuning terang dengan kaki pink atau putih, serta warna merah ngalung pada bagian kepala dengan pola motif sable head ala lb biola. Hal tersebut tidak di temukan pada jenis paskun karena paskun warna sayapnya tidak terlalu cerah warna kuningnya.

Pengertian Mutasi Warna Lutino

Lutino adalah burung dengan gen Resessif dan menghilangkan warna Hitam ( Eumilamin ) sehingga mata burung tereduksi menjadi merah ( Pink ) dan bulu menjadi merah, kuning dan putih serta kaki juga menjadi putih meskipun beberapa kasus ada yang berwarna abu-abu (tidak banyak dijumpai).

Karena lutino tidak memiliki Eumilamin maka warna yang memiliki unsur hitam tidak bisa tampak secara visual pada burung Lutino.

Hal ini yang sering menjadi perdebatan non Euwing x Lutino keluar Euwing, Ino x green keluar D green, ino x blue keluar dom.pied dan lain sebagainya.

Mengapa hal ini bisa terjadi??? Karena lutino tidak bisa memvisualisasikan warna lain selain merah, kuning dan putih.

Cara Mudah Mencetak Lovebird Lutino

Bagaimana cara mudah untuk menghasilkan lb lutino mata merah? untuk mencetak lutino dibutuhkan satu gen lutino. Berikut ini ada ilustrasi singkat mengenai persilangan indukan lutino untuk menurunkan lutino kembali.

Lutino MM (Jantan) x Lutino MM (Betina)

50% Lutino MM
25% Lutino MH
25% Green split ino

Lutino MM (Jantan) x Green (sembarang) Misal Josan
25% Lutino MM
50% Green split ino
25% Green

Lutino MM (Jantan) x Blue Series (sembarang) Misal Biru mangsi
25% Lutino MM
25% Green split ino
25% Green
25% Blue split ino

Dari ilustrasi persilangan diatas dapat dipilih salah satu cara yang sesuai dengan materi burung lb yang teman teman miliki. Jadi untuk mendapatkan anakan lutino cukup mudah bukan. Banyak variasi dari berbagai jenis lb karena cukup memiliki satu lutino mm untuk dikawinkan dengan jenis warna lain untuk mendapatkan anakan lutino kembali.

Setelah lovebird mania mengetahui bagaimana cara mendapatkan anakan lutini selanjutnya saya memiliki tips dan trik lain lagi untuk mendapatkan anakan albino mata merah tanpa indukan albino. Berikut ada cara untuk mencetak albino mm dengan modal kecil.

Cara Menghasilkan Anakan Albino dari Indukan Bukan atau Non Albino

Untuk mencetak anakan albino mm  bisa kita dapatkan tanpa indukan albino. Namun untuk mendapatkannya butuh waktu agak lama kecuali kita sudah memiliki calon indukan yang cocok dan memenuhi kriteria.

Untuk menghemat biayanya kita bisa mengawinkan lutino mm dengan blue series sembarang namun yang memilik gen lutino. Sedangkan lutino mata merah tersebut adalah anakan dari lutino x blue series.

Berikut ilustrasinya :

Lutino MM* (Jantan) x Blue series** (betina) sembarang

Keterangan:
*Indukan lutino mm ini harus lutino x blue series (sembarang) yg penting paruh putih
**Indukan dari Blue series ini harus Lutino x Blue series Series sembarang

Jika kita telah menemukan calon indukan tersebut maka hasil anakannya akan seperti berikut:

25% Albino MM
25% Lutino MM
25% Green
25% Blue

Dari contoh diatas bisa menghasilkan banyak varian mutasi warna. Dengan jackpot albino mm tentunya.

Keunikan Ciri Khas Mutasi Warna Lutino

lustrasi mencetak anakan lutino

* Lutino x albino anak Lutino split blue
*  D blue Dompied Sf x albino anak Blue dom.pied sf split ino, D Blue dompied sf split ino, Blue split ino dan D Blue split ino.

Anak di pasangkan

Lutino split blue dan Blue Dompied split ino anak akan

* Green split ino blue ( berwarna hijau )
* Green Dom.pied split ino blue ( berwarna Blorok Hijau)
* Blue split ino (berwarna biru)
* Blue ino ( albino )
* Lutino split blue ( Lutino )
* Lutino dom.pied split blue ( warna blorok tidak bisa tampak secara visual burung berwarna lutino)
* Blue dom.pied split ino ( berwarna blorok biru )
Blue ino dom.pied ( warna blorok tidak tampak secara visual burung berwarna albino)

Dari ilustrasi di atas bisa dilihat diketahui bahwa lutino mempunyai kelebihan yaitu tetap mempertahankan mutasi warnanya. Disini terlihat juga bahwa lutino tadi tidak split melainkan menjadi satu gennya tetapi tidak bisa nampak secara visual.

Demikian sedikit penjelasan tentang lovebird lutino dan bagamana cara menghasilkan lutino baik lutino mata hitam ataupun lutino mata merah. Selamat Berkarya dan semoga sukses






Tidak ada komentar:

Posting Komentar